ADAKAH MANFAAT HOBY AIR SOFT GUN ?

Bookmark and Share



Bismillah,
Bagaimana dengan kegiatan hobby menembak dan "perang-perangan" dengan menggunakan airsoft gun yang kini marak dan banyak di minati oleh ikhwan ahlus sunnah?

Berikut ini adalah penjelasan, arahan dan nasehat dari ustadzunaa Abu Zubair Al Hawaariy tentang perkara ini, dengan sedikit perubahan redaksi tanpa merubah makna :

Suatu hari, ana ngobrol dgn seorang letnan TNI yg pernah dkirim bersama KONGA tentang airsoft. Menurut beliau, Airsoft adalah olahraga dan permainan yg paling mendekati situasi sesungguhnya. Oleh karena itu sangat besar manfaatnya untuk melatih ketajaman naluri dalam situisi perang, kecepatan dan ketepatan bertindak dalam kondisi genting, juga melatih fisik dan stamina, kerjasama team, strategi dan membiasakan diri dengan berbagai jenis unit (senjata/kita mnyebutnya dalam dunia airsoft dgn unit) karena kemiripannya dengan yang asli.
Karena itu pula sebagian militer dibeberapa negara menggunakannya utk latihan..

Kalau dibandingkan futsal, bola, badminton .. Maka airsoftsport lebih mendekati makna ayat "wa a'idduu lahum mastatho'tum min quwwah ...".

Jika ditanyakan adakah manfaatnya?, maka kembali kepada niat.

Jika dikatakan bahwa olah raga ini Mahal?
Maka itu relatif, yg tidak punya bisa nyewa agar lebih murah. Yang ada rizki lebih, dia bisa niatkan untuk menyehatkan tubuh dan melatih diri sehingga uang yang dikeluarkan bermanfaat dan bernilai baik disisi Allah.

Syaikh ibnu Utsaimin rahimahullah menjelaskan; termasuk mmpersiapkan diri dengan berlatih menembak dengan senapan2 ringan.
Beli senapan angin misalnya juga butuh biaya dan haram menjadikan burung sebagai sasaran utk latihan, maka dari itu airsoft merupakan solusi yang tepat.

Bahaya di kemudian hari? Khawatir nanti dicurigai sebagai pelatihan TERORIS?
Untuk dketahui, dugaan ini memang ada benarnya, sebab mereka (para teroris) juga menggunakam airsoft utk latihan dan sebagian mereka juga seller airsoft.

Oleh karena itu tetaplah low profile, jangan koboi-koboian dengan airsoft di depan umum, jadikan club terbuka, dan bersosialisasilah dengan tempat atau lingkunagn disekitar dan berinteraksilah dengan club2 lain, usahakan ada aparat yang tahu club kita, bahkan ini juga bisa djadikan media agar orang tahu bahwa salafy bukan teroris dan teroris bukan salafy.
Wallahu a'lam.


Sumber : http://www.facebook.com/groups/airsoft.cileungsi/179987735423455/

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar