ITS Juara 3 PIMNAS ( Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ).

Bookmark and Share
Unibraw dengan 24 tim yang ikut bersaing telah mengungguli sejumlah perguruan tinggi seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan juara umum tahun lalu Universitas Gadjah Mada (UGM). Kampus yang meraih kejuaraan serupa pada tahun 2008 dan 2009 ini, menyapu bersih penghargaan setara emas di semua kelas kategori PKM Penelititan pada penilaian presentasi sehingga total memperoleh 6 penghargaan setara emas, unggul satu angka dari IPB.
Pengumuman Akhir PIMNAS
Juara I : UniBraw
Juara II : IPB
Juara III : ITS
(Info : Juara 2 tahun kemarin UGM terlempar dari 3 besar dan mendapat posisi 9).
ITS telah mengirim lebih dari 1500 proposal PKM 5 bidang ke Dikti. dan 1024 PKM GT ke DIKTI. Kuantitas yang banyak membuktikan bahwasannya ITS memiliki IKLIM keilmiahan yang baik.
Sebanyak 17 piala yang disabet tim dari Universitas Brawijaya (UB) mengantarkan kampus itu meraih juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXV 2012 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).
Menurut staf ahli bidang penalaran UB Dr Imam Santoso, prestasi yang diraih mahasiswa tersebut sesuai dengan target yang diinginkan oleh Rektor UB Prof Yogi Sugito dan PR III Ainurasyid.

"Untuk meraih prestasi dan merebut kembali juara umum Pimnas ini memang tidak mudah, sebab sebelumnya tim Pimnas 2012 telah melakukan berbagai persiapan mulai dari monev internal, monev Dikti, bahkan dikarantina selama tiga hari," tegasnya.

IPB yang mengirim 31 tim berada diperingkat kedua. Sedangkan ITS, berada satu peringkat di bawahnya walaupun meloloskan 41 tim. PIMNAS yang diikuti 400 tim dari seluruh Indonesia ini melombakan lima kategori Program Kreatifias Mahasiswa (PKM) lama, yaitu empat kelas PKM Penelitian, empat PKM Pengabdian Masyarakat, tiga PKM Teknologi, tiga PKM Kewirausahaan dan satu kelas PKM Gagasan Tertulis. Tahun ini bertambah satu kategori baru, yaitu PKM Karsa Cipta sebanyak 3 kelas.
Dua aspek yang dinilai dari setiap tim. Pertama, nilai presentasi berbobot 80% dan nilai poster diberi bobot 20%. Setiap kelas akan menghasilkan pemenang pertama, kedua dan ketiga atau setara emas, perak dan perunggu di masing-masing aspek penilaian. Ada juga penghargaan favorit dari tim juri.
Peringkat 20 besar PIMNAS 25 UMY
1.   Universitas Brawijaya Malang
2.   Institut Pertanian Bogor
3.   Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
4.   Universitas Airlangga Surabaya
5.   Universitas Negeri Yogyakarta
6.   Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
7.   Universitas Negeri Semarang
8.   Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara Malang
9.   Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
10. Universitas Padjajaran Bandung
11. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
12. Universitas Udayana Denpasar
13. Institut Teknologi Nasional Malang
14. Institut Teknologi Bandung
15. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
16. Politeknik Negeri Semarang
17. Universitas Andalas Padang
18. Universitas Diponegoro Semarang
19. Politeknik Negeri Jakarta
20. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar