Ayo Diet Yang Sehat!

Bookmark and Share
Ayo Diet Yang Sehat!

Diet untuk menurunkan berat badan bukan berarti Anda harus menyiksa diri dengan menutup mulut untuk semua makanan. Ada beberapa trik yang ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami dan sehat. Yakni, mengatur gaya hidup termasuk pola makan yang sehat dan teratur. 

Dikutip dari situs wikihow.com inilah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk melakukan diet alami dan sehat. 

1. Food Diary
Untuk mencatat jenis makanan apa saja yang sudah Anda makan sepanjang hari, buatlah food diari atau diari makanan. Misalnya: 
8.00: 2 kue manis, kopi dengan susu dan gula
10.30: camilan keju
13.00: salad, ayam goreng, pudding
14.20: camilan buah segar

Lalu, Anda juga bisa membuat kalkulasi berapa kalori yang sudah Anda konsumsi dalam sehari: 
Telur: 200 kkal
Susu: 300 kkal
Sayur: 200 kkal
Daging: 500 kkal
Oatmeal: 200kkal+
Total: 1400 kkal

Mencatat makanan atau jumlah kalori dari asupan makanan dalam sehari akan membantu Anda tetap pada jalur diet yang benar, tanpa perlu menyiksa diri dengan merasa lapar seharian. 

2. Hindari penggunaan pil diet/supplemen
Lebih baik hindari mengkonsumsi obat penurun berat badan ataupun pengurang nafsu makan, sebab masih ada efek samping untuk kesehatan. Tidak perlu menggunakan diet instan dengan pil, karena Anda ingin berat badan ideal yang konsisten dalam jangka panjang. Untuk itu, lakukan gaya hidup yang sehat agar berat badan tidak turun naik seperti yo-yo.

3. Saat mengakhiri diet
Anda akan merasa lega kala diet sudah berakhir karena angka ideal telah dicapai, tetapi jika Anda mulai kembali ke cara-cara pola makan yang lama, maka jangan terkejut bila berat badan akan kembali ke angka semula dan menghapus semua jerih payah Anda selama diet. Sebaiknya, tetap konsisten menjalani diet sebagai gaya hidup agar tubuh Anda terbiasa menerima asupan makanan yang rendah kalori.

Jika Anda ingin kembali ke pola makan biasa, berhati-hatilah dalam mengatur jadwal makan. Makanlah sedikit tapi sering dengan perlahan agar tidak mengejutkan sistem pencernaan. Biasakan untuk mengkonsumsi sup buatan sendiri, buah-buahan dan sayuran selama beberapa hari sebelum akhirnya menjadi rutinitas makan yang sehat.

Good luck for you, Mom. (wik/det)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar