Ini cara paling benar untuk bersihkan telinga

Bookmark and Share
Ini cara paling benar untuk bersihkan telinga
Ilustrasi baby oil. Shutterstock/images72

Telinga adalah salah satu panca indera yang wajib dijaga kebersihannya. Jika telinga Anda kotor dan penuh bakteri tentu saja mampu memunculkan berbagai macam infeksi berbahaya yang bisa berdampak buruk pada kesehatan dan bahkan mengganggu keseimbangan tubuh Anda. Namun karena telinga memiliki bentuk yang unik, tentu saja proses pembersihannya pun tidak bisa sembarangan.

Cara yang paling umum digunakan untuk membersihkan telinga adalah dengan menggunakan cotton bud. Namun berdasarkan penelitian yang dilansir dari care2.com, cara ini justru malah membuat kotoran telinga masuk dan terperangkap ke dalam. Belum lagi perilaku mengorek mampu mengenai gendang telinga dan tentu saja hal ini berisiko tinggi. Neurotologist Erika Woodson, MD dari Head and Neck Institute, Cleveland, Ohio pun menganjurkan Anda untuk menggunakan baby oil saat membersihkan telinga.

"Membersihkan telinga menggunakan baby oil adalah cara yang paling aman serta mampu melembutkan dan menghilangkan kotoran telinga. Cara yang harus Anda lakukan adalah tuangkan baby oil ke dalam telinga, diamkan beberapa saat, dan kemudian berbaringlah secara miring untuk mengeluarkan kotoran. Lakukan secara rutin setiap minggu agar kebersihan telinga Anda menjadi maksimal," jelasnya. "Selain itu pastikan pula bahwa baby oil yang Anda gunakan cukup bersih dan steril. Sehingga tidak ada kontaminasi bakteri yang masuk ke dalam telinga."

Kotoran telinga diciptakan dengan tujuan untuk menangkap bakteri yang masuk ke dalam telinga. Oleh karena itu Anda pun harus memperlakukannya secara hati-hati demi kesehatan dan kebersihan telinga Anda.

Sumber : http://www.merdeka.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar