Cara - Cara Cek Dapodik Sekolah Pada Pendataan Dirjen Dikdas Kemdikbud

Bookmark and Share
IWAN2REAL. Cara Mengecek Dapodik Sekolah di Pendataan Dikdas- Diberlakunya sistem online pendataan pendidikan maka semua unsur data sekolah akan diupdate dan dikirim datanya secara online. Data yang dikirim berdasar pada data sekolah yang telah diinput oleh sekolah melalui aplikasi pendataan pendidikan yang kemudian dikirim ke server pusat pendataan.
Cara Mengecek Dapodik Sekolah di Pendataan Dikdas

Berikut share cara mengecek atau mengetahui data Dapodik (Data Pokok Pendidikan) sekolah yang telah dikirim secara online via aplikasi pendataan ke server database pusat apakah data tersebut sudah diterima oleh server atau belum. Untuk mengeceknya, sekolah atau operator aplikasi pendataan pendidikan masing-masing sekolah dapat mengeceknya secara online.

Cara mengecek data Dapodik sekolah yang dikirim ke server pusat pendataan dikdas.


Kunjungi situs Info Pendataan Dikdas di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id.

Cari dan pilih provinsi. Klik tanda plus (+) yang ada di samping kiri nama Propinsi. Setelah terbuka, klik tanda plus (+) yang ada di samping kiri nama Kabupaten. Lalu klik lagi tanda plus (+) yang ada di samping kiri nama Kecamatan untuk melihat daftar nama sekolah. Cari dan klik nama sekolah yang dimaksud.

Apabila data sekolah yang dikirim sudah diterima, terdapat keterangan tanggal diterima beserta status. Jika tertulis berhasil diproses, berarti data sudah diterima server, jika masih status kosong berarti sekolah belum mengirim data atau gagal dalam pengiriman ke server.

Selanjutnya jika data sekolah telah berhasil diterima dan diproses, sekolah/operator sekolah dapat mengakses dan mengecek secara online di Pendataan Dikdas Kemdikbud.

Buka server Manajemen Pendataan Pendidikan Direktorat Pendidikan Dasar di http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. Untuk cara login di pendataan dikdas, ketik username dan password sesuai dengan yang dipakai operator sekolah untuk masuk ke Aplikasi Pendataan. Jika berhasil akan tertulis "login berhasil, tunggu sebentar".

Cara Mengecek Dapodik Sekolah di Pendataan Dikdas

Berikut tampilan halaman jika berhasil login.

Cara Mengecek Dapodik Sekolah di Pendataan Dikdas

Cek data yang telah diinput dan dikirim via aplikasi pendataan terkait data sekolah, sarana-prasarana, siswa maupun kelengkapan isian data PTK yang wajib diisi terkait tunjangan. 

==========================================
Selain data guru, data PTK, data siswa, juga data dapodik sekolah dapat dilihat apakah sudah terkirim dan diterima server, dan dapat dicek secara online dengan cara :


1.       Buka situs kemendikbud, http://infopendataan..dikdas.kemdikbud.go.id atau KLIK DI SINI
2.       Klik Beranda, lihat report pendataan pendidikan dasar 2012
3.       Pilih propinsi, lalu klik tanda plus (+)
4.       Pilih nama kabupaten, klik tanda plus (+)
5.       Pilih nama kecamatan
6.       lalu akan terlihat nama sekolah kita beserta keterangan status

Apabila data sudah diterima server maka ada keterangan tanggal diterima dan keterangan statusnya, contoh bila keterangan status tertulis “berhasil diproses” berarti sudah diterima server,

Apabila data sekolah kita belum diterima berarti kemungkinan masih menunggu proses, atau gagal proses, atau belum pernah di update atau bagaimana ???? Nah di sinilah perlunya kita mencari tahu terutam bertanya ke kantor diknas kabupaten/kota setempat.

Cara-cara meng-update data dapat dipelajari melalui softwere Aplikasi Pendataan Sekolah yang diberikan oleh kemendikbud.

Memang masih banyak ditemukan kekurangan-kekeliruan data Dapodik Sekolah, baik data guru, data PTK, data siswa maupun data sekolah. Oleh karena itu sangat penting bagi bapak-ibu guru terutama sekali  “operator dapodik sekolah”  untuk memiliki file-file Aplikasi Pendataan Sekolah. 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar