5 Trend Teknologi smartphone 2013

Bookmark and Share
Teknologi smartphone apa saja yang diperkirakan bakal menjadi tren di tahun 2013 nanti? Berikut di antaranya seperti detikINET kutip dari berbagai sumber.
1. Layar fleksibel


Samsung diketahui sedang mengembangkan layar Amoled fleksibel. Ya, layar yang satu ini bisa ditekuk atau dilipat tanpa mengalami kerusakan.

Diperkirakan, layar fleksibel sudah bisa dipakai di smartphone dan tablet Samsung pada 2013. Informasi dari berbagai sumber, layar fleksibel tersebut telah memiliki nama resmi yakni Youm.

Berukuran 4,5 inch dan ketebalan 0,3 milimeter, Youm mengusung resolusi WVGA 800 x 480 Youm diharapkan akan melahirkan generasi baru desain gadget karena kelenturan dan ukurannya yang lebih tipis dan ringan dari layar konvensional.

Samsung bukan satu-satunya vendor yang mengembangkan layar semacam ini. Nokia pun sudah pernah memamerkan layar fleksibel di ajang Nokia World tahun lalu. LG, bahkan dikabarkan sudah memulai produksi massal.

2. Prosesor semakin gahar 


Tahun 2012 ini, sudah lumayan banyak ponsel pintar mengusung prosesor quad core. Tahun mendatang, diperkirakan bukan hanya prosesor quad core saja yang diandalkan.

Samsung misalnya, disebut-sebut akan menyematkan prosesor 4+4 di Galaxy S IV. Galaxy S IV konon akan ditenagai oleh sepasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang masing-masing prosesornya telah mengusung 4 core di dalamnya.

Samsung bukannya menggunakan dua buah CPU, melainkan menggabungkan kedua prosesor tersebut dalam satu chip atau SoC. Meski digabung dalam satu chip, kedua prosesor yang disematkan sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum dapat disebut sebagai prosesor 8 core.

Vendor lain pun diprediksi akan memperkuat prosesor di handsetnya untuk menarik minat konsumen.

3. Layar Definisi Tinggi 


Belum lama ini, HTC bikin gebrakan dengan merilis Droid DNA. Ponsel Android ini adalah yang pertama hadir dengan layar nan cemerlang beresolusi definisi tinggi, 1920 x 1080 pixel.

Tahun 2013, diperkirakan layar definisi tinggi ini akan menjadi hal yang umum. Samsung misalnya dirumorkan memakai layar definisi tinggi ini di Galaxy S IV.

Kemudian, vendor asal China Lenovo juga dikabarkan mengembangkan perangkat ponsel dengan resolusi yang sama.

Sektor layar memang layak menjadi perhatian utama para vendor. Sebab semakin jernih layarnya, semakin bagus pula peluangnya menjadi yang terdepan.
4. Layar jumbo 

Semakin lama, layar ponsel menunjukkan tren semakin besar. Diawali oleh Dell Streak dan dipopulerkan oleh Samsung Galaxy Note, perangkat yang disebut phablet ini diproyeksi makin populer di tahun mendatang.

Ya, kesuksesan Samsung dengan Galaxy Note tampaknya membuat vendor yang lain terpikat terhadap pasar ponsel jumbo. Galaxy Note II saja telah terjual 5 juta unit hanya dalam dua bulan pertama pemasarannya.

HTC Droid DNA misalnya, sudah bisa disebut phablet mengingat layarnya yang sudah mencapai 5 inch. Vendor lain yang diproyeksi merilis ponsel jumbo pada tahun mendatang adalah Sony.

Beberapa sumber menyatakan, handset dimaksud adalah Sony Xperia C650X Odin.Dugaan desain dan spesifikasi Xperia Odin telah muncul di internet. Layarnya sekitar 5 inch dengan reolusi 1080p.

5. Wireless Charging 



Salah satu smartphone mainstream pertama yang memiliki teknologi wireless charging adalah Nokia Lumia 920. Dengan fitur baru ini, ponsel berbasis Windows Phone 8 tersebut dapat diisi ulang secara nirkabel.

Dengan fitur wireless charging ini, memungkinkan Anda mengisi baterai hanya dengan menempelkan ponsel ke aksesoris yang dijual terpisah. Sehingga tidak perlu mencolokkan handset untuk mengisi baterai.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar