MANFAAT MINUM TEH UNTUK GAYA HIDUP SEHAT

Bookmark and Share
Menurut sebuah studi di Tufts University, jumlah antioksidan pada teh sebanyak 10 kali lebih banyak bila dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran.  Belum lagi ditambah manfaat lain dari beberapa jenis teh yang ada. Selama ini dikenal ada empat jenis teh, yaitu teh putih, teh hijau, teh hitam, dan teh oolong.

1.Manfaat Teh Hijau.
  Teh hijau diseduh langsung,biarkan sebentar terus diminum begitu saja tanpa gula, sangat nikmat. Ternyata banyak sekali manfaat teh hijau.
   Banyak yang sudah mengenal teh hijau, bahkan mengkonsumsinya setiap hari. Namun tak semua orang mengetahui ada berapa banyak manfaat minum teh hijau setiap hari. Selama ini teh hijau memang dikenal sebagai minuman yang menyehatkan, melindungi jantung dan sebagai antioksidan, manfaat lainnya antara lain :
  1. Mengandung antioksidan yang kuat, catechin, yang berfungsi melindungi sel dan DNA dari kerusakan radikal bebas.
  2. Membantu mengurangi penyakit jantung
  3. Membantu menurunkan LDL “buruk” kadar kolesterol.
  4. Meningkatkan kestabilan mental, kemungkinan besar karena kandungan kafein yang terkandung didalamnya.
  5. Anti-aging: bila dioleskan pada kulit , bisa membantu menetralkan radikal bebas dari lingkungan, polusi, dan matahari karena teh hijau memiliki antioksidan yang kuat hingga memb
  6. Membantu melindungi atau memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker.
  7. Membantu menjaga kulit terlihat lebih muda.
  8. Anti-inflamasi: menenangkan kulit, mengurangi risiko jerawat dan kemerahan.
  9. Anti-bakteri: krim teh hijau sama efektifnya dengan krim benzoil peroksida dalam mengobati kondisi jerawat dengan sedikit efek samping.
  10. Meremajakan sel-sel kulit lama dan merangsang kegiatan pada sel kulit tua.
  11. Menghambat enzim di kulit yang berkontribusi terhadap degradasi dan penuaan, dan membantu menjaga elastisitas dan kekencangan.
2.Manfaat Teh Hitam 
Teh hitam terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis. Daun yang dikeringkan dan difermentasi, yang memberikan teh warna lebih gelap dan rasa yang lebih kaya dari teh hijau (yang tidak mengalami proses fermentasi).


Teh Hitam dan Kafein
Tergantung pada seberapa kuat hal itu diseduh, teh hitam mengandung sekitar 50 mg kafein per cangkir. (Sebagai perbandingan, teh hijau mengandung 8 sampai 30 mg per cangkir, sedangkan kopi mengandung 100-350 mg.)


Teh Hitam dan Antioksidan
Teh hitam mengandung sejumlah antioksidan, yang merupakan senyawa yang membantu tubuh melawan radikal bebas (produk kimia dengan diketahui kerusakan DNA). Antioksidan termasuk quercetin, zat kata untuk memerangi peradangan dan mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat.

Teh Hitam dan Kesehatan Kardiovaskular
Sampai saat ini, penelitian tentang manfaat teh hitam kardiovaskular telah menghasilkan hasil yang beragam. Sebagai contoh, review 2009 dari sembilan studi sebelumnya diterbitkan (termasuk total hampir 195.000 peserta) menyimpulkan bahwa minum tiga cangkir teh hitam atau hijau setiap hari mengurangi risiko stroke sebesar 21 persen. Namun, sebuah penelitian tahun 2007 dari 31 orang dewasa (usia 55 dan lebih tua) menemukan bahwa enam bulan konsumsi teh hitam tidak secara signifikan mempengaruhi faktor-faktor risiko kardiovaskular (seperti peradangan dan tekanan darah sistolik). Kedua Pusat Nasional Pengobatan Pelengkap dan Alternatif dan Institut Nasional Kesehatan titik untuk mempelajari ini sebagai bukti bahwa teh hitam mungkin tidak berdampak pada kesehatan kardiovaskular.

Teh Hitam dan Diabetes
Dalam sebuah penelitian laboratorium yang diterbitkan pada tahun 2009, ilmuwan menemukan bahwa senyawa yang diekstraksi dari teh hitam lebih efektif dalam memperlambat penyerapan gula darah dibandingkan mereka diekstraksi dari teh hijau dan teh oolong. Selain itu, populasi studi 2009, 1.040 orang dewasa menemukan bahwa jangka panjang asupan hitam dan/atau teh hijau dikaitkan dengan prevalensi diabetes yang lebih rendah.

Teh Hitam dan Pencegahan Kanker
Sementara beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam secara teratur dapat mengurangi risiko kanker, tidak ada laporan lain terkait kanker, manfaat dari asupan teh hitam. Selanjutnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam dapat secara signifikan positif dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara secara keseluruhan dan estrogen-reseptor positif / progesteron-reseptor tumor payudara positif.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar